Sabtu, 06 Oktober 2012

Proses pengambilan keputusan oleh konsumen

Model proses pengambilan keputusan konsumen
Gambar berikut adalah mosel yang dikemukakan oleh Schiffman dan Kanuk (2000), yang menggambarkan pengambilan keputusan konsumen
Pengaruh eksternal
Input
Komponen input merupakan pengaruh – pengaruh eksternal sebagai sumber informasi tentang produk tertentu dan mempengaruhi nilai yang berhubungan dengan produk, sikap dan perilaku konsumen. Input yang utama adalah kegiatan – kegiatan bauran pemasaran dan pengaruh – pengaruh social budaya.
Input pemasaran
Aktivitas – aktivitas pemasaran merupaka usaha – usaha langsung untuk menjangkau, menginformasikan dan membujuk konsumen agar membeli dan menggunakan produk tertentu. Usaha – usaha tersebut meliputi empat “P” atau bauran pemasaran, yaitu Product, Price, Place, Promotion.
Pengaruh social budaya
Lingkungan social budaya yang dimaksud antara lain : keluarga, sumber informal, sumber non komersial, kelas social, budaya dan subbudaya.
pengambil keputusan konsumen
Proses
Komponen proses memperhatikan bagaimana konsumen membuat keputusan – keputusan. Untuk dapat mengerti proses, harus dipahami beberapa konsep psikologi terkait. Proses pengambilan keputusan oleh seseorang konsumen terdiri dari tiga tahapan yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian pra beli, serta evaluasi terhadap alternative.
Sadar akan kebutuhan : konsumen menyadari akan adanya kebutuhannya ketika menhadapi suatu masalah.
Pencarian pra beli : pencarian pra beli ketikan konsumen mempresepsi suatu kebutuhan yang mungkin bisa terpuaskan dengan membeli dan mengkonsumsi suatu produk.konsumen berada pada tingkat ini jika ia merasa memperlukan informasi yang akan digunakan sebagai dasar menentukan pilihan produk.
Evaluasi terhadap alternative : ketika mengevaluasi alternative – alternative yang potensial , konsumen cenderung menggunakan dua tipe informasi, yaitu :
Senarai merek yang mereka rencanakan untuk menggunakan dalam memilih (evoked set)
Kriteria yang akan digunakan untuk mengevaluasi tiap – tiap merek

Perilaku pasca pembelian
Output
Komponen output menunjukan kepada dua macam kegiatan pasca keputusan yang saling berhubungan erat, yaitu :
Perilaku pembeli : konsumen membuat dua tipe yaitu pembeli coba dan pembeli ulang.
Evaluasi pasca beli : komponen terpenting dari evaluasi dari pasca beli adalah pengurangann ketidak pastian atau keraguan – raguan yang dirasakan oleh konsumen terhadap seleksi yang dilakukannya.

DAFTAR PUSTAKA

  • Dra. Ristiyanti Prasetijo, MBA dan Prof. John J.O.I Ihalauw penerbit Andi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar