Model proses
pengambilan keputusan konsumen
Gambar berikut adalah
mosel yang dikemukakan oleh Schiffman dan Kanuk (2000), yang menggambarkan
pengambilan keputusan konsumen
Pengaruh eksternal
Input
Komponen input
merupakan pengaruh – pengaruh eksternal sebagai sumber informasi tentang produk
tertentu dan mempengaruhi nilai yang berhubungan dengan produk, sikap dan
perilaku konsumen. Input yang utama adalah kegiatan – kegiatan bauran pemasaran
dan pengaruh – pengaruh social budaya.
Input pemasaran
Aktivitas – aktivitas pemasaran
merupaka usaha – usaha langsung untuk menjangkau, menginformasikan dan membujuk
konsumen agar membeli dan menggunakan produk tertentu. Usaha – usaha tersebut
meliputi empat “P” atau bauran pemasaran, yaitu Product, Price, Place, Promotion.
Pengaruh social budaya
Lingkungan social budaya
yang dimaksud antara lain : keluarga, sumber informal, sumber non komersial,
kelas social, budaya dan subbudaya.
pengambil keputusan konsumen
Proses
Komponen proses
memperhatikan bagaimana konsumen membuat keputusan – keputusan. Untuk dapat
mengerti proses, harus dipahami beberapa konsep psikologi terkait. Proses pengambilan
keputusan oleh seseorang konsumen terdiri dari tiga tahapan yaitu pengenalan
kebutuhan, pencarian pra beli, serta evaluasi terhadap alternative.
Sadar
akan kebutuhan : konsumen menyadari akan adanya
kebutuhannya ketika menhadapi suatu masalah.
Pencarian
pra beli : pencarian pra beli ketikan konsumen mempresepsi
suatu kebutuhan yang mungkin bisa terpuaskan dengan membeli dan mengkonsumsi
suatu produk.konsumen berada pada tingkat ini jika ia merasa memperlukan
informasi yang akan digunakan sebagai dasar menentukan pilihan produk.
Evaluasi
terhadap alternative : ketika mengevaluasi alternative – alternative
yang potensial , konsumen cenderung menggunakan dua tipe informasi, yaitu :
Senarai merek yang mereka rencanakan untuk
menggunakan dalam memilih (evoked set)
Kriteria yang akan digunakan untuk mengevaluasi tiap
– tiap merek
Perilaku pasca pembelian
Output
Komponen output
menunjukan kepada dua macam kegiatan pasca keputusan yang saling berhubungan
erat, yaitu :
Perilaku
pembeli : konsumen membuat dua tipe yaitu pembeli coba dan
pembeli ulang.
Evaluasi
pasca beli : komponen terpenting dari evaluasi dari pasca beli
adalah pengurangann ketidak pastian atau keraguan – raguan yang dirasakan oleh
konsumen terhadap seleksi yang dilakukannya.
DAFTAR PUSTAKA
- Dra. Ristiyanti Prasetijo, MBA dan Prof. John J.O.I Ihalauw penerbit Andi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar