Tanggung jawab sosial
perusahaan sangat erat kaitannya dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
• Apakah
memang perusahaan punya tanggung jawab moral dan sosial ?
• Kalau
ada, manakah lingkup tanggung jawab itu ?
• Apakah,
terkait dengan tanggung jawab sosial perusahaan itu, perusahaan perlu terlibat
dalam kegiatan sosial yang berguna bagi masyarakat atau tidak ?
• Bagaimana
tanggung jawab sosial perusahaan itu dapat dioperasionalkan dalam suatu
perusahaan ?
1. Syarat bagi Tanggung
Jawab Moral
• Tindakan
itu dijalankan oleh pribadi yang rasional
• Bebas
dari tekanan, ancaman, paksaan atau apapun namanya
• Orang
yang melakukan tindakan tertentu memang mau melakukan tindakan itu
2. Status Perusahaan
Terdapat dua pandangan
(Richard T. De George, Business Ethics, hlm.153), yaitu:
• Legal-creator,
perusahaan sepenuhnya ciptaan hukum, karena itu ada hanya berdasarkan hukum
• Legal-recognition,
suatu usaha bebas dan produktif
Tanggung jawab sosial
perusahaan hanya dinilai dan diukur berdasarkan sejauh mana perusahaan itu
berhasil mendatangkan keuntungan sebesar-besarnya (Milton Friedman,The Social
Responsibilities of Business to Increase Its Profits, New York Times
Magazine,13-09-1970)
Ini hanyalah bentuk
tanggung jawab legal…
Ø Anggapan
bahwa perusahaan tidak punya tanggung jawab moral sama saja dengan mengatakan
bahwa kegiatan perusahaan bukanlah kegiatan yang dijalankan oleh manusia
Ø Tanggung
jawab moral perusahaan dijalankan oleh staf manajemen
Ø Tanggung
jawab legal tidak dapat dipisahkan dari tanggung jawab moral
Sesungguhnya, pada tingkat operasional bukan hanya staf
manajemen yang memikul tanggung jawab sosial dan moral perusahaan ini,
melainkan seluruh karyawan….
3. Lingkup Tanggung jawab
Sosial
•
Keterlibatan
perusahaan dalam kegiatan sosial yang berguna bagi kepentingan masyarakat luas
•
Keuntungan
ekonomis
4. Argumen yang
Menentang Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan
•
Tujuan utama
Bisnis adalah Mengejar Keuntungan Sebesar-besarnya
•
Tujuan yang
terbagi-bagi dan Harapan yang membingungkan
•
Biaya
Keterlibatan Sosial
•
Kurangnya
Tenaga Terampil di Bidang Kegiatan Sosial
5. Argumen yang
Mendukung Perlunya Keterlibatan Sosial Perusahaan
•
Kebutuhan dan
Harapan Masyarakat yang Semakin Berubah
•
Terbatasnya
Sumber Daya Alam
•
Lingkungan
Sosial yang Lebih Baik
•
Perimbangan
Tanggung Jawab dan Kekuasaan
•
Bisnis
Mempunyai Sumber Daya yang Berguna
•
Keuntungan
Jangka Panjang
6. Implementasi
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
•
Prinsip utama
dalam suatu organisasi profesional, termasuk perusahaan, adalah bahwa struktur
mengikuti strategi
•
Artinya,
struktur suatu organisasi didasarkan ditentukan oleh strategi dari organisasi
atau perusahaan itu
•
Strategi yang
diwujudkan melalui struktur organisasi demi mencapai tujuan dan misi perusahaan
perlu dievaluasi secara periodik, salah satu bentuk evaluasi yang mencakup
nilai-nilai dan tanggung jawab sosial perusahaan adalah Audit Sosial
Sumber :
Dr. Keraf, A. Sonny. 2006. Etika Bisnis: Tuntutan dan Relevansinya. Yogyakarta: Kanisius
Tidak ada komentar:
Posting Komentar